Tips Menghemat Baterai untuk Ponsel Android

Diposting oleh di
Tips menghemat baterai untuk ponsel Android. Bagaimana supaya baterai ponsel Android kita tidak boros lagi ? Buat kalian pengguna baru ponsel Android harus tahu bahwa ponsel Android ini terkenal dengan baterai yang boros. Kenapa ? Karena hardware yang lumayan tinggi untuk menjalankan sistem operasi Android ini. Selain itu kapasitas baterai yang terbatas membuat tidak sedikit orang menganggap ponsel Android ini sebagai ponsel yang boros baterai.
Pengguna Android sangat kesulitan menggunakan ponsel Android mereka lantaran tidak dapat menyalakan ponsel Android mereka tanpa Charging dalam satu hari. Untuk satu hari biasanya tidak hanya sekali melakukan Charging.
Untuk meminimalisir terjadinya baterai yang boros pada ponsel Android kalian. Apa itu tipsnya ?

Tips Menghemat Baterai untuk Ponsel Android
Tips Menghemat Baterai untuk Ponsel Android

Tips Menghemat Baterai untuk Ponsel Android

Kami sendiri telah mencoba tips menghemat baterai untuk ponsel Android Galaxy Nexus dengan sistem operasi Android 4.3 Jelly Bean dapat bertahan lebih lama dari setelan standar. Bagaimana masih ingin melanjutkan membaca tips menghemat baterai untuk ponsel Android kalian ? Android Gila akan berikan beberapa tips yang mungkin bisa kalian ikuti semua atau mungkin yang dirasa perlu saja.

1. Matikan WiFi

Matikan WiFi di Android untuk menghemat baterai
Android Gila sarankan agar mematikan WiFi jika sudah tidak digunakan lagi. Bagaimana cara mematikan WiFi ?
Masuk Settings > Wi-Fi > OFF.

2. Matikan Bluetooth

Sama dengan Bluetooth, matikan Bluetooth jika sudah tidak digunakan. Jaringan radio Bluetooth ini sangat menguras daya baterai yang menyebabkan daya baterai ponsel Android kalian cepat berkurang. Bagaimana cara mematikan Bluetooth ?
Masuk Settings > Bluetooth > OFF.

3. Batasi Background Data

Background Data ini maksudnya adalah suatu aplikasi akan membutuhkan atau mengunduh serta mengupload file dengan aktifitas dibelakang layar, sehingga mungkin kalian tidak menyadarinya. Dengan membatasi background data maksudnya ketika kita menggunakan “Mobile Data” maka background data akan dinonaktifkan dan akan kembali aktif jika terkoneksi dengan jaringann WiFi.
Bagaimana untuk melihat dan membatasi background data ?
  • Masuk Settings > Data Usage.
  • Pilih aplikasi yang akan kalian batasi background datanya.
  • Gulir kebawah dan centang “Restrict backgroud data”.

4. Mengatur Kecerahan ke Otomatis atau Minimum

“Display” atau tampilan layar adalah salah satu bagian yang menguras daya baterai ponsel kalian. Semakin besar layar suatu perangkat Android ini menjadi permasalahan mereka. Android Gila menyarankan agar kecerahan layar ponsel Android kalian diatur minimum agar kecerahan berada pada posisi paling redup atau pilih ke otomatis agar perangkat Android dapat menyesuaikan kecerahan yang berada di depan layar. Bagaimana cara mengaturnya ?
  • Settings > Display > Brightness.
  • Centang “Automatic brightness” dan pilih OK.
Kalian dapat memantau penggunaan baterai di Settings > Battery untuk ‘Screen’ sekarang.

5. Mematikan Pulse Notification Light

Pulse Notification Light ini sangat membantu para pengguna ponsel Android khususnya kami karena dapat mengetahui bahwa ada notifikasi pada perangkat Android kita. Seperti SMS, Panggilan, Missed Call, Chat dan lain sebagainya akan menggunakan fitur Pulse Notification Light ini. Bagai mana cara mematikan Pulse Notification Light ini ?
  • Settings > Display > Pulse Notification Light.
  • Hilangkan tanda centang pada Pulse Notification Light.
Catatan : Mungkin tidak semua perangkat Android memiliki fitur Pulse Notification Light ini. Namun Android Gila menggunakan Samsung Galaxy Nexus dan memiliki fitur ini.

6. Matikan Getaran/Bunyi saat di sentuh

Baik, berapa kali kalian menyentuh layar ponsel Android kalian ? Cukup banyak bukan ? Ini sungguh sangat meyiksa daya tahan baterai. Kami sendiri sangat anti dengan fitur ini. Setelah saya menginstall ROM atau Custom ROM fitur ini yang paling penting adalah matikan karena menurut Android Gila fitur ini tidak nyaman. Jika kalian sependapat dengan kami boleh mencoba cara ini untuk menghemat sedikit baterai ponsel Android kalian. Bagaimana caranya ?
  • Masuk Settings > Sound.
  • Gulir ke bawah.
  • Hilangkan tanda centang pada :
    – “Vibrate on touch” untuk mengilangkan getaran saat kalian menyentuh layar.
    – “Touch sounds” untuk menghilangkan suara disetiap sentuhan ke layar.
    – “Dial pad touch tones” untuk menghilangkan suara sentuhan di papan dial.
Berikut yang Android Gila lakukan pada ponsel Android kami. Untuk yang lainnya silahkan sesuaikan, hilangkan centang jika diperlukan.

7. Gunakan jaringan 2G saja (2G Only)

Gunakan jaringan 2G saja (2G Only)
Sebagian besar dari mereka pengguna ponsel maupun tablet Android membutuhkan jaringan 3G untuk bermain games, browsing dengan cepat hingga mendownload file besar. Namun jika hanya membutuhkan aktifitas seperti telepon dan chatting yang tidak memerlukan jaringan 3G maka gunakan jaringan 2G saja demi menghemat baterai ponsel kalian. Bagaimana caranya ?
  • Masuk Settings.
  • Pilih More!
  • Kemudian masuk “Mobile networks”.
  • Dan berikan tanda centang pada “Use only 2G networks”.

8. Persingkat Screen Timeout

Persingkat Screen Timeout
Banyak dari mereka yang lupa mengkondisikan ponsel pada layar sleep setelah menggunakannya. Ini akan menguras daya tahan baterai ponsel sekalipun kecerahan layar pada posisi minimum. Rata-rata setelah default ponsel Android adalah 1 menit untuk Screen Timeout atau layar akan otomatis mati sendiri. Android Gila menyarankan gunakan waktu sleep ponsel Android kalian 30 detik saja. Bagaimana mengaturnya ?
  • Masuk Settings > Display.
  • Pilih 30 seconds.

9. Matikan GPS

GPS atau Location Access digunakan beberapa aplikasi seperti Google Maps, Facebook, Foursquare dan lain sebagainya hanya untuk mengetahui lokasi mereka. GPS akan menyajikan hasil yang akurat jika digabungkan dengan jaringan WiFi. Android Gila hanya memberitahu kalian bahwa GPS ini cukup banyak memakan daya tahan baterai. Silahkan matikan GPS jika dirasa tidak diperlukan. Bagaimana cara mematikan GPS ?
Masuk Settings > Location services > hilangkan centang semuanya.

10. Hapus Widget yang tidak perlu

Widget pada layar Android mungkin adalah hal yang indah untuk mempercantik halaman layar Android mereka. Namun apa yang terjadi jika widget tersebut tidak digunakan dengan baik atau hanya sekedar hiasan belaka ? Kebanyakan dari widget membutuhkan data untuk mengoprasikannya. Seperti widget Facebook yang akan menggunakan data untuk mengambil status terbaru dan juga widget twitter yang akan mengambil tweets terbaru.

Ponsel Android akan terus menggunakan data dan otomatis juga akan menguras daya tahan baterai sekalipun ponsel tidak disentuh. Android Gila di sini bukan bermaksud menyuruh kalian untuk menghapus seluruh widget di ponsel Android kalian. Tetapi kalian sendiri yang dapat mengamati mana widget yang sekirannya tidak diperlukan lagi. Ini sistem operasi Android, satu-satunya sistem operasi yang bisa menyesuaikan keinginan penggunanya.

11. Hindari Penggunaan Live Wallpaper

Android memperkenalkan Wallpaper yang begitu nyata dengan Live Wallpaper, tetapi android sendiri tidak memikirkan daya tahan baterai ketika Live Wallpaper digunakan. Live Wallpaper menggunakan kerja yang lumayan keras pada CPU dan GPU. Tentu hal tersebut akan menguras daya tahan baterai lebih kurang dengan penggunaan widget. Saat ponsel tidak digunakanpun tetap akan cepat menguras baterai karena live wallpaper tetap hidup.

12. Menggunakan Wallpaper Gelap

Kebanyakan dari mereka para pengguna Android menggunakan Wallpaper dengan warna yang begitu mencolok. Warna yang mencolok tersebut terasa membuat mata kita nyaman apalagi didukung dengan layar Super AMOLED pada perangkat Android. Nyatanya wallpaper dengan warna menyolok dapat meningkatkan penggunaan daya tahan baterai. Wallpaper gelap sama dengan layar mati. Oleh sebab itu Android Gila menyarankan kalian menggunakan Wallpaper Gelap jika kalian tidak begitu suka dengan wallpaper. Bisa juga kalian menggunakan wallpaper warna hitam atau juga tanpa menggunakan wallpaper alias hitam polos.

13 . Logout dari Aplikasi Google Plus dan Hangout

Logout dari Aplikasi Google Plus dan Hangout
Secara tidak sadar aplikasi ini akan terus berjalan di background dan tentunya menggunakan data untuk mengecek apakah ada pemberitahuan untuk si pemilik akun. Sayangnya tidak semua orang menggunakan aplikasi Google Plus dan Hangout.

14. Nonaktifkan Sinkron Akun

Nonaktifkan Sinkron Akun
Sinkron dari beberapa akun dan aplikasi memang beberapa orang dari mereka pengguna Android membutuhkan fitur ini. Seperti untuk menerima email masuk, chat dan lain sebagainya membutuhkan sinkronisasi akun agar Real Time. Namun disaat tidak dibutuhkan fitur sinkron akun ini bisa dinonaktifkan. Apabila kalian menonaktifkan sinkron pada akun kalian makan akan merasakan penghematan penggunaan daya tahan baterai pada ponsel kalian hingga 2 kali lipat.
Sumber

Tidak ada komentar untuk " Tips Menghemat Baterai untuk Ponsel Android "

Back to Top